Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik dan mengambil sumpah sebanyak 149 dokter baru. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Periode 228 dilakukan di Auditorium G. P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (13/8/2024). Dalam kesempatan tersebut, hadir Rektor UNS, Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si., Dekan FK UNS beserta jajaran, Ketua Umum Keluarga Alumni FK UNS dr. Sri Pratomo, Sp.B., FinaCS, FiCS, Perwakilan dari Rumah Sakit (RS) UNS, dan Perwakilan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi Surakarta.

Dalam laporannya, Wakil Dekan bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FK UNS, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D. menyampaikan pada pelantikan dan sumpah dokter periode 228 FK UNS, bahwa berdasarkan hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode Mei 2024 yang dilaksanakan tanggal 25 Mei 2024 untuk Ujian CBT dan 18 Mei 2024 untuk ujian OSCE, dapat dinyatakan lulus sebagai dokter sebanyak 149 orang, terdiri dari 39 perempuan dan 110 laki-laki.

Pada Sumpah Dokter Periode 228 ini, terdapat 55 orang yang berpredikat cumlaude atau dengan pujian. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata pada Pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini adalah 3,72 dengan lama studi rata-rata 2 tahun 4 bulan. Dan IPK tertinggi pada Pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini diraih Renasheva Alifia Nugraha dengan IPK 3,85.

“Saya ucapkan selamat kepada para adik-adik, teman sejawat dokter yang akan mengarungi dunia profesi kedokteran, semoga sukses. Demikian pula saya mengucapkan selamat kepada orang tua dan anggota keluarga dokter,” ujar Paramasari, Ph.D.

Sementara itu, Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P (K). dalam sambutannya berpesan kepada para dokter baru untuk memiliki 3 hal yaitu profesionalisme, integritas dan memiliki jejaring yang luas.

“Pesan saya 3 hal tersebut jangan dilupakan. Profesionalisme ini terdiri dari kompetensi yang telah kalian miliki, kalian sudah dididik di FK UNS jadi saya yakin kalian semua sudah memiliki kompetensi yang sudah tidak diragukan lagi. Kemudian integritas ini meliputi kejujuran, disiplin, tanggungjawab dan sebagainya, kemudian networking,” ujar Prof. Reviono.

Rektor UNS, Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mencapai kesuksesan itu perlu mimpi. “Karier dokter itu sangat luas. Bisa ke jenjang fungsional dengan menjadi dokter, lalu menjadi dokter spesialis, jadi dokter subspesialis, lalu bisa menjadi dosen, peneliti, akademisi atau bahkan bisa menjadi dokter spesialis sekaligus menjadi dosen dan peneliti. Kemudian bisa juga ke jenjang struktural dengan menjadi Kepala Puskesmas, Direktur RS, Menteri, Rektor dan sebagainya. Silahkan wujudkan mimpi kalian semua setelah ini mau memilih jenjang yang mana,” ujar Prof. Hartono.

Perwakilan dari RSUD dr. Moewardi Surakarta, dr. Sulistyani Kusumaningrum, Sp.Rad, M.Sc. dalam sambutannya menekankan pentingnya pelayanan prima. “Kalian harus bisa menyesuaikan diri dimanapun nanti bertugas, berikan senyum dari pasien satu hingga ratusan pasien. Dengan senyum, pasien akan senang. Perlakukan pasien dengan baik, dan selalu ramah dengan pasien,” pesan dr. Sulistyani.

Dengan dilantiknya dokter periode ke-228 ini, maka sejak berdirinya pada tahun 1976, FK UNS telah meluluskan 7.248 orang dokter, sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *